Menghadapi Emosi Setelah Anak Didiagnosis Kanker Hati

Mendengar bahwa anak Anda memiliki kanker tidak pernah mudah. Hal ini dapat menjadi sangat menegangkan dan kemungkinan besar akan mempengaruhi seluruh keluarga. Jika Anda adalah orangtua dan anak Anda didiagnosis dengan kanker hati, Anda mungkin merasakan banyak emosi. Untuk membantu Anda memilah perasaan Anda, berikut adalah beberapa reaksi dan tips dari orang tua yang telah melalui situasi yang sama.

Terkejut dan syok

Syok adalah reaksi pertama pada kebanyakan orang tua, begitu yang dikatakan oleh mereka. Syok ditandai dengan berbagai perasaan. Anda mungkin merasa mati rasa pada awalnya dan tidak tahu apa yang harus dirasakan. Atau Anda mungkin merasa bingung dan memiliki banyak pertanyaan dalam pikiran Anda. Tidak ada yang pernah siap untuk mendengar bahwa anak mereka menderita kanker. Adalah normal untuk merasa kaget bahkan ketika Anda merasa Anda tidak berada dalam kontrol.

Bagaimana cara mengatasi syok?

Pertama-tama, Anda harus ingat bahwa perasaan syok itu normal dan akan berlalu. Cara terbaik untuk mengatasi perasaan ini adalah dengan berbicara dan mengetahui bahwa Anda memiliki dukungan dari orang yang Anda cintai. Dekati dan berbicara dengan pasangan Anda, keluarga, teman, dokter atau perawat tentang perasaan Anda. Anda akan menyadari bahwa emosi Anda akan menjadi lebih mudah untuk dikelola setelah Anda berbicara dengan mereka.

Selama kunjungan dokter, Anda mungkin sulit untuk fokus dan mengingat semua petunjuk penting. Mungkin ide yang baik bila Anda meminta anggota keluarga atau teman, untuk datang menemani Anda dan membuat catatan. Jangan takut meminta dokter atau staf medis untuk mengulang informasi jika Anda tidak mendengarnya saat di awal.

Tidak percaya dan menolak diagnosis

Anda mungkin memikirkan banyak alasan untuk menyangkal bahwa anak Anda menderita kanker hati. Misalnya merasa anak Anda selalu sehat atau anak Anda tidak pernah menunjukkan tanda-tanda kanker, yang membuat Anda berpikir bahwa diagnosis ini adalah kesalahan. Anda mungkin menyalahkan reputasi rumah sakit dan ingin mendapatkan pendapat kedua.

Rasa ketidak percayaan atau penolakan yang menyerang pada awalnya dapat membantu menunda perasaan sakit. Namun, jangan biarkan perasaan ini menghalangi pengobatan anak Anda. Kanker dapat menyebar sangat cepat dan setelah didiagnosa akan segera memerlukan pengobatan.

Bagaimana cara mengatasi rasa tidak percaya dan penolakan?

Untuk membantu Anda melalui rasa tidak percaya dan penolakan, Anda bisa meminta pendapat kedua dari dokter lain. Jangan merasa Anda hanya perlu mendengarkan satu dokter saja. Pendapat kedua dapat membantu membuat rasa penolakan pada diri Anda perlahan-lahan menghilang. Meneliti dan memeriksa informasi dapat membantu memastikan diagnosis dan memberi ketenangan pada pikiran Anda. Penelitian dapat mencakup informasi dasar tentang kanker hati, bagaimana Anda bisa terkena kanker hati, pengobatan kanker hati dan bagaimana kanker hati didiagnosis. Melalui penelitian, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang kanker hati untuk membantu Anda fokus mendapatkan perawatan yang terbaik untuk anak Anda.

Kecemasan dan ketakutan

Setiap orang memiliki rasa takut terhadap kanker. Normal untuk merasa cemas dan takut ketika menghadapi peristiwa yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda mungkin takut mendapatkan hasil terburuk. Meskipun dokter Anda tidak bisa menjanjikan anak Anda akan 100% sembuh, yakinlah bahwa dokter melakukan segala kemungkinan untuk memberikan anak Anda pengobatan dan perawatan terbaik.

Rasa takut Anda mungkin tidak hanya mempengaruhi pengobatan kanker pada anak Anda, tetapi juga dapat berdampak pada perubahan kehidupan dalam keluarga Anda. Sangatlah normal untuk merasa tidak siap menghadapi semua perubahan ini.

Bagaimana cara mengatasi rasa takut?

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut Anda adalah untuk mendapatkan informasi dan memiliki komunikasi yang terbuka tentang rasa takut dan kecemasan dengan dokter anak Anda dan staf medis. Anda dapat mempelajari strategi untuk mengurangi ketegangan dan berbagi pengalaman dari orang tua lain yang memiliki anak penderita kanker. Mungkin dapat membantu bila Anda memiliki kontrol atas hal-hal kecil dalam hidup Anda atau menemukan kekuatan dari orang lain ketika Anda mendapatkan kembali keseimbangan Anda.

Rasa bersalah

Dengan menerima kenyataan bahwa anak Anda menderita kanker hati, Anda mungkin mulai merasa bersalah. Sebagai orang tua, Anda merasa tugas paling penting bagi Anda adalah untuk melindungi anak dari hal-hal yang berbahaya. Anda mungkin mulai mempertanyakan diri sendiri dan merasa bersalah atas diagnosa kanker hati anak Anda. Anda mungkin mulai mempertanyakan segala sesuatu di sekitar Anda, seperti apakah suplai air berbahaya, apakah lingkungan sekitar tidak sehat, apa yang menyebabkan kanker, atau apakah makanan yang dimakan keluarga Anda sehat.

Mengetahui penyebab atau faktor risiko kanker hati dapat membantu, tetapi Anda tidak pernah bisa tahu dengan pasti apa penyebab sebenarnya. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa itu bukan kesalahan Anda.

Jika Anda merasa bersalah, Anda perlu berbicara dengan seseorang tentang kekhawatiran mereka. Sangatlah penting untuk tidak membiarkan rasa bersalah Anda mengalihkan perhatian Anda dari banyak tugas yang harus Anda hadapi ketika anak menderita kanker.

Bagaimana cara mengatasi rasa bersalah?

Cara terbaik untuk mengatasi rasa bersalah Anda adalah dengan menerima apa adanya. Anda harus menerima kenyataan bahwa tidak ada cara yang memungkinkan untuk mencegah anak Anda terkena kanker hati. Anda perlu fokus pada kenyataan bahwa anak Anda membutuhkan dukungan dan kekuatan untuk melawan kanker hati. Berbicara dengan orang tua lain yang juga memiliki anak dengan kanker, atau tim pengobatan anak Anda dapat membantu mengatasi perasaan ini. Jika Anda khawatir tentang lingkungan rumah, Anda dapat membuat beberapa perubahan untuk merasa lebih baik.

Kesedihan dan depresi

Wajar untuk merasa sedih dan depresi ketika Anda melihat anak Anda sakit. Anda mungkin merasa seperti anak Anda tidak lagi memiliki masa depan atau tidak akan merespon pengobatan. Kesedihan Anda adalah reaksi normal tetapi Anda tidak boleh membiarkan hal itu mempengaruhi kesehatan Anda. Kesedihan Anda dapat dengan cepat berubah menjadi depresi. Tanda-tanda yang dapat Anda temukan adalah ketika Anda tidak tidur, tidak nafsu makan, tidak memiliki motivasi atau ketika Anda tidak bisa lagi mengatur kegiatan sehari-hari Anda. Ketika ini terjadi, Anda harus mencari bantuan.

Bagaimana menghadapi rasa sedih dan depresi?

Berbicara tentang kesedihan Anda dapat membantu tapi kadang-kadang bisa sulit. Anda harus mencoba menulis tentang perasaan Anda. Anda dapat membuat jurnal pribadi atau menulis surat untuk orang yang Anda cintai. Ini adalah cara yang bagus untuk menuliskan perasaan Anda dengan kata-kata. Ketika hal itu tidak membantu, Anda dapat mencoba untuk menangis. Ini bukan tanda bahwa Anda lemah. Kadang-kadang Anda dapat melepaskan kesedihan dengan menangis di depan seseorang atau bahkan sendirian.

Mendapatkan dukungan dari keluarga, teman, rekan kerja Anda atau psikolog dapat membantu. Anda dapat mencari bimbingan dari berbicara dengan orangtua lain yang melalui situasi yang sama. Merawat diri sendiri sama pentingnya dengan merawat anak Anda. Perhatikan kebutuhan Anda sendiri sehingga Anda dapat membantu anak Anda.

Marah

Reaksi umum lain saat anak Anda didiagnosis dengan kanker hati adalah marah. Kemarahan bisa ditujukkan kepada dokter dan staf medis atau diri Anda sendiri, yang juga dapat mempengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Ini adalah hal normal. Hal ini disebabkan oleh semua stres dan emosi lain yang menumpuk di dalam. Penting untuk menyadari bahwa Anda sedang marah dan hindari untuk meluapkan amarah atau bersikap tidak ramah. Kenyataannya adalah bahwa Anda marah pada situasi. Dan Anda tidak akan membantu anak Anda ketika marah. Kemarahan Anda dapat mengganggu kemampuan dokter untuk mengobati anak Anda.

Bagaimana menghadapi rasa marah?

Sama seperti menghadapi perasaan lainnya, langkah pertama adalah untuk menerima rasa marah. Anda perlu tahu apa yang membuat Anda marah. Cobalah untuk menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan kemarahan Anda. Sekali lagi, berbicara dan menulis akan banyak membantu. Anda dapat mencoba olahraga untuk menenangkan pikiran dan melepaskan ketegangan, seperti berjalan atau yoga. Marah itu tidak sehat. Demi anak Anda dan kesehatan Anda sendiri, Anda harus menerima bahwa tidak ada yang harus disalahkan untuk kanker hati pada anak Anda.

Sayangnya, Anda akan mengalami perasaan ini selama pengobatan kanker hati anak Anda. Anda perlu menemukan cara agar tetap positif dan menyesuaikan diri dengan perubahan dalam hidup Anda untuk menjaga kualitas hidup baik untuk diri sendiri, keluarga dan anak-anak. Untuk pengobatan kanker hati kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat qnc jelly gamat yang sudah terbukti ampuh untuk pengobatan penyakit hati dan juga penyakit lainnya secara alami. Untuk info lebih lengkap silahkan klik qnc jelly gamat 

sumber https://hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *